PEMIKIRAN K.H. YAHYA SYABRAWI DALAM PENDIDIKAN ISLAM DI PONDOK PESANTREN RAUDLATUL ULUM I GANJARAN GONDANGLEGI MALANG

Muhammad Hasyim

Abstract


Pondok pesantren disebut sebagai lembaga pendidikan Islam. Karena, merupakan lembaga yang berupaya menanamkan nilai-nilai Islam di dalam diri santri. Sebagai lembaga pendidikan Islam, pondok pesantren memiliki karakteristik yang berbeda dibandingkan dengan lembaga-lembaga pendidikan lain, yakni jika ditinjau dari sejarah pertumbuhannya, komponen-komponen yang terdapat di dalamnya, pola kehidupan warganya, serta pola adopsi terdapat berbagai macam inovasi yang dilakukannya dalam rangka mengembangkan sistem pendidikan baik pada ranah konsep maupun praktik. Dalam penulisan ini sebagai sumbangan pemikiran berdasarkan konsep Islam yang bersumber dari Al-Qur’an, Al-Hadits, Al-Ijma’ dan Al-Qiyas yang diharapkan mampu menjadi sarana pengembangan wawasan keilmuan dan penghayatan serta pengalaman keagamaan di Pondok Pesantren Raudlatul Ulum I khususnya, dan masyarakat pada umumnya. Hasil penelitian yang dilakukan penulis dapat disampaikan bahwa Pemikiran K.H. Yahya Syabrawi Tentang Pemikiran Pendidikan Islam di Pondok Pesantren Raudlatul Ulum I Ganjaran Gondanglegi Malang dapat terlihat bahwa pondok pesantren tersebut sebagai wadah menuntut ilmu pengetahuan untuk melanjutkan nilai-nilai perjuangan Agama, Bangsa dan Negara. Sebagai wadah kaderisasi putra dalam mengembangkan ilmu pengetahuan dan keterampilan untuk kelangsungan syari’at Islam dimuka bumi. Dan sebagai wadah penghimpun putra Islam dalam upaya memperkokoh Ukhuwah Basyariyah, Ukhuwah Islamiyah dan Ukhuwah Wathoniyah dan pengembangan pengamalan syari’at Islam Ahlussunnah Wal Jama’ah.


Keywords


Pemikiran, Pendidikan Islam, K.H. Yahya Syabrawi

Full Text:

PDF

References


Arifin, (2006).Ilmu Pendidikan Islam; Tinjauan Teoretis dan Praktis Berdasarkan Pendekatan Interdisipliner. Cetakan 2. Jakarta: Bumi Akasara.

Arif, Mahmud. (2008). Pendidikan Islam Transformatif. Cetakan 1. Yokyakarta: LKis Pelangi Aksara.

Arifin, Muzayyin. (2012).Fisafat Pendidikan Islam. Cetakan 6. Jakarta: Bumi Aksara

______________. (2011). Kapita Selekta Pendidikan Islam. Cetakan 5. Jakarta: Bumi Aksara.

Azra, Azyumardi.(2000). Pendidikan Islam Tradisi dan Modernisasi Menuju Milenium Baru.Cetakan 2. Jakarta: Logos Wacana Ilmu.

Azwar, Saifuddin. (2011).Metode Penelitian. Cetakan 12. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Basri, Hasan. (2009). Filsafat Pendidikan Islam. Cetakan 1. Bandung: CV Pustaka Setia

Daradjat, Zakiah, dkk (2011).Ilmu Pendidikan Islam. Cetakan 9. Jakarta: Bumi Aksara

Djumransjah, dkk. (2007).Pendidikan Islam; Menggali “Tradisi”, Meneguhkan Eksistensi. Malang: UIN-Malang Press.

Daulay, Haidar Putra. (2007).Pendidikan Islam Dalam Pendidikan Nasional di Indonesia. Cetakan 2. Jakarta: Kencana.

Dokumentasi Pondok Pesantren Raudlatul Ulum I Ganjaran Gondanglegi Malang. 2011-2012.

Engenner, Asghar Ali. (2009). Islam dan Teologi Pembebasan. Cetakan 5. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

___________________. (2000). Devolusi Negara Islam. Cetakan 1. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Haedari, Amin, dkk. (2004). Panorama Pesantren Dalam Cakrawala Modern. Cetakan 1. Jakarta: Diva Pustaka.

Idris, Manan A, dkk. (2006). Riorientasi Pendidikan Islam, Menuju Kepribadian Insan Kamil. Edisi Revisi. Malang: Halal Pustaka.

Ihsan, Hamdani dan Fuad Ihsan (2007). Filsafat Pendidikan Islam. Cetakan 3. Bandung: CV Pustaka Setia.

Ilmu Pendidikan Islam http://mawardiumm.wordpress.com/2008/02/27/ilmu-pendidikan-islam/,

Ismail. (2004). Pesantren, Civil Society dan Negara Menimbang Batas Relasi Kuasa ‘Abu-Abu’ Kyai, Santri dan Penguasa. Cetakan 1. Malang: Ash-Shiddique

Ismail, Faisal, (2004). Paradigma Kebudayaan Islam Studi Kritis dan Analisis Historis. Cetakan 4. Jakarta: Mitra Cendekia

Koentjaraningrat. (2009).Pengantar Ilmu Antropologi. Cetakan 9. Jakarta: Rineka Cipta

Madarik, M. Wawancara (Putuk Rejo, 07 Juli 2013)

Madjid, Nurcholis. (1997). Bilik-Bilik Pesantren Sebuah Potret Perjalanan. Cetakan 1. Jakarta: Paramadina

Mastuhu. (1999). Memperdayakan Sistem Pendidikan Islam. Cetakan 2. Jakarta: Logos Wacana Ilmu

Mastuki dan Abdurrahman.Wawancara (Gedangan, 17 & 18 Juni 2013)

Moesa, Ali Machsan. (2007). Nasionalisme Kiai Konstruksi Sosial Berbasis Agama,. Cetakan I. Yokyakarta: LKis Pelangi Aksara

Muhaimin. (2012). Pemikiran dan Aktualisasi Pengembangan Pendidikan Islam. Cetakan 2. Jakarta: Rajagrafindo Persada

Mutahhari, Murtadha. (2010). Pengantar Epistimologi Islam. Cetakan 1. Jakarta: Shadra Press

Noer, Hery Aly dan Munzier. (2008). Watak Pendidikan Islam. Cetakan 3. Jakarta: Friska Agung Insani

Razak, Nasruddin.(1989). Dienul Islam, cetakan 1.Jakarta: PT Al Ma’arif,

Pengertian Islam. http://www.lebaran.com/component/k2/item/486-pengertian-islam.html.

Peranan Dan Fungsi Pondok Pesantren Dalam Membangun Dunia Pendidikan. http://maraqitcabangbayan.blogspot.com/2013/01/peranan-dan-fungsi-pondokpesantren.html.

Roqib, Moh. (2011). Ilmu Pendidikan Islam Pengembanagn Pendidikan Integratif di Sekolah, Keluarga dan Masyarakat. Cetakan 1. Yokyakarta: LKis Grup.

Ruang Lingkup Ilmu Pendidikan Islam http://makalahpendidikan-sudirman.blogspot.com/2012/05/ilmu-pendidikan-islam.html.

Sudiyono. (2009). Ilmu Pendidikan Islam. Cetakan 1. Jakarta: Rineka Cipta

Sugiyono. (2005).Memahami Pendekatan Kualitatif. Cetakan 1. Bandung: Alfabeta

________. (2011). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Cetakan I3. Bandung: Alfabeta

Soebahar, Halim. (2013). Modernisasi Pesantren Studi Transformasi Kepemimpinan Kiai dan Sistem Pendidikan Pesantren. Cetakan 1. Yokyakarta: LKiS.

Soejono, dkk (1999).Metode Penelitian;Suatu Pemikiran dan Penerapan. Cetakan 1. Jakarta: Rineka Cipta.

Tafsir, Ahmad. (2012). Filsafat Pendidikan Islam Integrasi Jasmani, Rohani dan Memanusiakan Manusia. Cetakan 5. Bandung: Remaja Rosdakarya.

____________. (2008).Ilmu Pendidikan Dalam Persfektif Islam. Cetakan 8. Bandung: Remaja Rosdakarya.

TIM dosen IAIN Malang. (1996).Dasar-Dasar Kependidikan Islam: Suatu Pengantar Ilmu Pendidikan Islam, Surabaya: Kaeya Abditama.

Tujuan dan Fungsi Pondok Pesantren. http://ruslyboyan.blogspot.com/2010/07/tujuan-dan-fungsi-pondok-pesantren.html.

Umiarso, dan Zazin Nur. (2011). Pesantren di Tengah Arus Mutu Pendidikan Menjawab Problematika Kontemporer Manajemen Mutu Pesantren. Cetakan I Semarang: RaSAIL Media Grup.

Unsur dan Ruang Lingkup Pondok Pesantren. http://www.perkuliahan.com/unsur-dan-ruang-lingkup-pesantren/#ixzz2VJIuJmpG.

Wahid, Abdurrahman. (2001). Menggerakkan Tradisi Esai-Esai Pesantren. Cetakan I. Yokyakarta: LKis.

Wahid, Marzuki, dkk. (1999). Pesantren Masa Depan Wacana Pemberdayaan dan Transformasi Pesantren. Cetakan 1. Bandung: Pustaka Hidayah.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Indexed by:

       

-----------------------------------

Creative Commons License

Jurnal Kajian Islam, Pendidikan, Budaya & Sosial by An-Nuha: Jurnal Kajian Islam, Pendidikan, Budaya & Sosial is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. Based on a work at http://ejournal.staimadiun.ac.id/index.php/annuha.

----------------------------------

View My Stats

----------------------------------

KAMPUS STAI Madiun

Jl. Soekarno Hatta No. 70B Kelurahan Demangan Kecamatan Taman Kota Madiun,

Telp./ Fax. (0351) 463472,

E-mail: jurnal.annuha.staimadiun@gmail.com