MEMBANGUN EPISTEMOLOGI TAFSIR SUFI; (Intervensi Psikologi Mufassir)

habibi al amin

Abstract


Jika kita telusuri literature – literature ‘ulu>m al-Qur’a>n maka kita sering mendapati bahwa epistemologi tafsir sufi lahir dari nafas sufisme. Namun demikian epistemologi sufi yang digunakan dalam penafsiran al-Qur’an tidak dapat lepas dari faktor kejiwaan. Hal Ini ditunjukkan dengan produk penafsiran yang berupa identitas perlambangan (alegorasi) ayat-ayat Al-Qur’an dalam bentuk metafora jiwa suci yang diorientasikan menuju eksistensi Yang Maha Suci. Pengembangan struktur jiwa dalam sufi terbentuk melalui pengalaman-pengalaman yang kemudian digunakan untuk mengelaborasi makna di balik teks. Menariknya, kejiwaan para sufi yang dikelola melalui latihan-latihan olah jiwa (riya>d}ah) kurang disentuh dan dikritisi sebagai sebuah bentuk epistemologi. Selain proses pengalaman kejiwaan, dalam memahami kalam ilahi para sufi tidak terlepas dari kaidah linguistik serta makna lahiriah dari ayat-ayat dan susunan gramatika. Mereka menjelaskan ayat dengan menembus batas-batas makna teks dan menyelami makna ayat dengan pengalaman dan doktrin mereka. Proses jelajah dan eksplorasi yang tertimbun dari makna lahir dalam studi ilmu tafsir masuk pada kajian takwil. Konsep umum tentang takwil dalam perspektif sufi merupakan pendekatan yang menanjak/transendensi/ s}u’u>di>, mengambil emanasi dari tanzi>l (ayat-ayat ilahiah) yang bercorak menukik (imanensi/nuzuli).

Keywords


Epistemologi, Tafsir Sufi, Psikologi Mufassir

Full Text:

PDF

References


‘Abd al-H{ali>m Mahmu>d, Mana>hij Al-Mufassiri>n (Qa>hirah: Da>r al-Kâtib, 1987)

‘Abdul Tawwab Abdul Hadi, al-Ramziyyah al-S}u>fiyyah fî al-Qur’a>n al-Kari>m,terj. Afif Muhammad (Bandung: Pustaka, 1986)

Abd al-Kali>m Mah}mu>d dan Mah}mu>d ibn al-Shari>f,Ta’li>q al-Risa>lah al-Qushairiyyah (Qa>hirah: Dar al-Kutub al-Haditsah, 1966)

Abdu al-Rahman Badawi, al-Mausu>’ah al-Mushtariqi>n,terj. Amroeni Derajat, Ensiklopedi Tokoh Orientalis (Yogyakarta: LkiS, 2003), 143-145.

Abdul Hadi WM. Simbol-simbol Sufi (Yogyakarta: LKis, 2010)

Abdul Mustaqim, Aliran-Aliran Tafsir: Mazhab Tafsir dari Periode Klasik hingga Kontemporer (Yogyakarta: Kreasi Wacana, 2005)

Abu> Bakr Muh}ammad ibn Abu> Bakr ibn Qayyim al-Jawziyyah, Mada>rij al-Sa>liki>n bayna Mana>zil Iyya>ka Na’bud wa Iyya>ka Nasta’i>n (Qa>hiroh: Da>r al-H{adi>th, 1996)

Abu> Fad}l Ah}mad ibn Muh}ammad ibn ‘Abd al-Kari>m ibn ‘Abd al-Rah}ma>n ibn ‘Abdulla>h ibn ‘I al-H}asani> ibn ‘At}a>’illa>h al-Sakandari>, Bahjah al-Nufu>s (Bairu>t: Da>r al-Kutub al-‘Ilmiyah, t.th.)

Abu> H{a>mid al-G{aza>li>, Ih}ya> Ulu>m al-Di>n, jilid 1, 263.

Abu> H{a>mid Muh}ammad ibn Muh}ammad al-Ghaza>li>, Ih}ya>{‘ ‘Ulu>m al-Di>n (Qa>hirah: Da>r al Nashr wa al-T>{ab’I, tt )

Alasdair Maclntyre, “Ontology”, dalam Paul Edwards, (Eds.), The Encyclopedia of Philosophy, (New York: Macmillan Publishing co., Inc. Press, 1972)

Annemarie Schimmel, Mystical Dimensions of Islam (Chapel Hill: The University of North Carolina Pres, 1975)

Bekir Kole, “The Location of the Mind in Apperception of Divine Truths According to Sufism,” Igdir University, Journal of Social Sciences, No. 3, Nisan ( April 2013), 81-96.

FejrianYazdajird Iwanebel, “Paradigma dan Aktualisasi Interpretasi dalam Pemikiran Muhammad al-Ghazālī”, Hunafa: JurnalStudiaIslamika Vol. 11, No.1 ( Juni2014):1-22.

Henry Corbin, Creative Imagination in the Sufism of Ibn ‘Arabi (Princeton, NJ: Princeton University Press, 1969).

Hüseyin Demir,“ The Beginnings Of TheSufism”, TurkishStudies–International Periodical For The Languages, Literature and History of Turkishor Turkic Volume8/8 Summer(2013):447-459.

Ignaz Goldziher, Madha>hib al-Tafsi>r al-Isla>m terj. Abd al-Halim al-Najja>r (Baghdad: Maktabah al-Ghanji, 1374/1954)

Ignaz Goldziher, Mazhab Tafsirdari aliran klasik hingga modern (Yogyakarta: Elsaq Press, 2006) cet. III, 219. diterjemahkan dari buku Madha>hib al-Tafsi>r al-Islami>, (Bairu>t: Dar- Iqra’, 1983)

Jacques Waardenburg, Studi Islam di Jerman dalam Peta Studi Islam: Orientalisme dan arah baru Kajian Islam di Barat, terj. (Yogyakarta: Fajar Pustaka baru, 2003), cet. I.,

K. Bertens, Psychoanalisis (New York: Harvester Wheatsheap, 1994)

K.Bertens, Psychoanalisis Sigmund Frued (Jakarta: Pustaka Gramedia Utama, 2006)

Katherine A MacLean; Jeannie-Marie SLeoutsakos; Matthew WJohnson,; Roland RGriffiths,, “Factor Analysis of the Mystical Experience Questionnaire: A Study of Experiences Occasioned by the Hallucinogen Psilocybin”, Journal for the Scientific Study of Religion 51. 4 (Dec 2012): 721.

Katya Tolstaya, “Literary Mystification: Hermeneutical Questions of the Early Dialectical Theology”, Neue Zeitschrift für Systematische Theologie und Religionsphilosophie 54. 3 (2012): 312-331.

Louis Massignon dan Muh}ammad ‘Abd al-Ra>ziq, al-Tas}awwuf (Bairu>t: Dar al-Kitab al-Lubnani, 1984), cet I.

M. Arkoun dan Louis Gardet, Prancis L ‘Islam, Hier, Demain”, terj. M. Arkoun, Islam al-Amsu wa al-Islam al-Ghadd (Beirut: Darut Tanwir li al-Thiba’ah al-Nasyr), terj. Ahsin Muhammad (Bandung: Penerbit Pustaka, 1997), cet. I,

Masoud Kianpour , “Experiences of Emotion Management in Medical Care”, Journal of Applied Sociology Vol 48 (2013): 112-122.

Michael A. Sells (Ed.), Early Islamic Mysticism (New Jersey: Paulist Press, 1996), diterjemahkan oleh D. Slamet Riyadi. dengan judul Sufisme Klasik: Menelusuri Tradisi teks Sufi (Bandung: Mimbar Pustaka, 2003). Cet I.

Muh}ammad ‘Abd al-‘Az}i>m al-Zarqa>ni>, Mana>hil al-‘Irfa>n (Bairu>t: Da>r al-Kutub, 1996)

Muh}ammad Abu> al-Qa>sim al-Qushairi, Lat}a>’if al-Isha>ra>t(Bairu>t: Dar al-Kutub al-‘Ilmiyyah, 2007).

Muh}ammad H}usain al-Dhahabi>, al-Tafsi>>r wa al-Mufassiru>n (Qa>hirah: Da>r al-Maktub al-H{adi>thah, 1976).

Muh}ammad H>{usain al-Dhahabi>, al-Tafsi>r wa al-Mufassiru>n (Qa>hirah: Maktabah Wahbiyyah, 2000 M. / 1421 H.)

Muh}ammad Sa>lim Ha>shim dalam -turjumat al muallif- : al-imam Jala>l al-Di>n ‘Abd Rah}ma>n bin al-Kamma>l abi> Bakr al-Suyu>t{i> al-Sha>fi’iy, al-Itqa>n fi> ‘Ulu>m al-Qur’a>n(Bairu>t: Da>r al Kita>b al-‘Ilmyyah, TT

Muhammad Abu> al-Qa>sim al-Qushairi>, al-Risa>lah al-Qushairiyyah (Damaskus: Da>r al-Khair, 1991)

Muhammad Abul Quasem, “Al-Ghazali’s Theory of Qur’an Exegesis Acording to One’s Personal Opinion”, dalam A.H. Johns (Ed.), International Congress for the Study of the Qur’an, Australian National University, Canberra, 1980

Muhyiddin Ibn ‘Arabi, Rasa>’il ibn ‘Arabi>(Bairu>t: Maktabah al-Taufiqiyyah, TT)

Musa Asy`arie, Filsafat Islam: Sunnah Nabi dalam Berpikir (Yogyakarta: LESFI, 2001)

Nicholas Heer, “Tafsir Esoterik Al-Qur'an Abu> H}a>mid al-Ghazaliy”, dalam Seyyed Hossen Nasr, et. al., (Ed.), Warisan Sufi, terj. Gafna Raizha Wahyudi dari The Heritage of Sufism, (Yogyakarta: Pustaka Sufi)

Patrick J Ryan, “The 'Catholic Muslim'”, Commonweal 140. 2 (Jan 25, 2013): 15-18.

Rosihon Anwar, Samudera al-Qur'an (Bandung: Pustaka Setia, 2001)

Taufik Kamal Amal, Sir Ahmad Khan Bapak Tafsir Modernis (Jakarta: Teraju,2004), ix.

Tony Bennet, Popular Fiction: Technology, Ideology, Production, Reading (London: Routledge, 1990)


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Indexed by:

      

-----------------------------------

Creative Commons License

Jurnal Kajian Islam, Pendidikan, Budaya & Sosial by An-Nuha: Jurnal Kajian Islam, Pendidikan, Budaya & Sosial is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. Based on a work at http://ejournal.staimadiun.ac.id/index.php/annuha.

----------------------------------

View My Stats

----------------------------------

Sertifikat Akreditasi

----------------------------------

KAMPUS STAI Madiun

Jl. Soekarno Hatta No. 70B Kelurahan Demangan Kecamatan Taman Kota Madiun, Telp./ Fax. (0351) 463472, E-mail: jurnal.annuha.staimadiun@gmail.com