PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KUANTUM UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS PUISI

  • Nanik Wahyuti Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) 1 Kawedana Magetan
Keywords: menulis puisi, pembelajaran Quantum

Abstract

Penggunaan metode pembelajaran yang tidak tepat menyebabkan rendahnya kemampuan siswa dalam menulis puisi. Penelitian bertujuan untuk mengetahui tingkat keaktifan dan hasil pembelajaran menulis puisi dengan menerapkan model Pembelajaran Kuantum. Penelitian merupakan penelitian tindakan kelas di SMA Negeri 1 Kawedanan kelas XII IPA-4 yang dilakukan dalam dua siklus belajar. Analisis data dilakukan dengan teknik perbandingan deskriptif komparatif dan analisis kritis. Dari hasil penelitian diketahui bahwa setelah diterapkan model Kuantum, ada peningkatan keaktifan siswa dari tahap pratindakan (57,5%), siklus I (62,5%) dan siklus II (85%); dan peningkatan hasil pembelajaran dari tahap pratindakan (71,75), siklus I (75,13), dan siklus II (83,5).

Downloads

Download data is not yet available.

References

Burhan, Nurgiyantoro. 2005. Penelitian dalam Pengajaran Bahasa dan Sastra. Yogyakarta: PT BPFE.
Depdiknas. 2006. Permendiknas No. 22 Tahun 2006 tentang Standar Isi. Jakarta: Depdiknas.
Herman, J. Waluyo. 2010. Pengkajian dan Apresiasi Puisi. Salatiga: Widya Sari Press.
Iru, Ladan La Ode SafiunArini. 2012. Analisis Penerapan Pendekataan, Metode, Strategi, dan Model-model Pembelajaran. Bantul: Mulia Presindo.
Lexy, Moleong J. 2013. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Muhibin, Syah. 2013. Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Muhammad, Thobroni dan Arif, Mustofa. 2011. Belajar dan Pembelajaran. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Nawawi, Hadari. 2005. Metode Penelitian Bidang Sosial. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.
Sugiyanto. 2009. Model-model Pembelajaran Inovatif. Surakarta: Panitia Sertifikasi Guru Rayon 13 Surakarta.
Suharsimi, Arikunto. 2006. Metode Penelitian Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.
Sutejo. 2009. Menulis Kreatif. Yogyakarta: Pustaka Felicha.
_____. 2009. Teknik Kreativitas Pembelajaran. Surabaya: Lentera Cendia.
Suwardi, Endraswara. 2003. Metodologi Penelitian Sastra. Yogyakarta: CAPS.
www.sarjanaku.com 2009-2013.
Published
2016-01-04
How to Cite
Wahyuti, N. (2016). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KUANTUM UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS PUISI. An-Nuha: Jurnal Kajian Islam, Pendidikan, Budaya & Sosial, 2(1, Juli), 73-96. Retrieved from http://ejournal.staimadiun.ac.id/index.php/annuha/article/view/32
Section
Articles