Kualitas Layanan Terpadu (Total Quality Service) pada Perguruan Tinggi

  • Khoirunnisaa' Khoirunnisaa' sekolah Tinggi Agama Islam(STAI) Madiun

Abstract

Kualitas jasa yang unggul dan konsisten dapat menumbuhkan kepuasan pelanggan yang pada gilirannya akan memberikan berbagai manfaat. Namun hal itu memerlukan waktu dan proses pemahaman untuk mengetahui karakteristik serta mengidentifikasi kebutuhan pelanggan. Untuk Perguruan Tinggi sebagai lembaga nonprofit service merupakan suatu lembaga yang memberikan layanan jasa dengan memiliki empat karakteristik sebagai berikut, yaitu: Intangibility, Inseparability, Variability, dan Perishability. Kerangka identifikasi pelanggan perguruan tinggi meliputi tiga aspek, yaitu: pelanggan internal (akademik dan administratif), pelanggan eksternal langsung, dan pelanggan eksternal tidak langsung. Dengan demikian adanya pemahaman karakteristik, identifikasi kebutuhan dan pelanggan Perguruan Tinggi memberikan harapan bahwa pelayanan yang diberikan akan mampu memberikan kepuasan pada pelanggan

Downloads

Download data is not yet available.

References

Crosby, Philip B, Quality is Free: The Art of Making Quality Certain, New York: Mc.Graw Hill Book Company, 1979
Tjiptono, Fandy, “Analisis Kepuasan Pelanggan Sebagai Dasar Penyusunan Strategi Pemasaran Defensif Pada Novell Computer Yogyakarta”,S kripsi (tidak dipublikasikan), FE UGM, 1994.
Kotler, Philip, Manajemen Pemasaran, Analisis, Perencanaan, Implementasi dan Kontrol (II), Hendra Teguh dan Ronny A Rusli (Pentj.), (Surakarta: PT Pabelan, 1997
Tjiptono, Fandy, Prinsip-Prinsip Total Quality Service (TQS), (Yogyakarta: Penerbit Andi, 1997
M.N Nasution, Manajemen Mutu Terpadu, (Total Quality Management), Jakarta: Ghalia Indonesia, 2001
Gaspersz Vincent, “Total Quality Management”, cet. II Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama, 2002
Lewis, RG & Smith, D.H, Total Quality in Higher Education, Florida: St.Lucie Press 1994
Parasuraman, “Improving Service Quality in America: Lesson learned”, Journal of retailing, 1988
Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi, Akreditasi Program Studi Jenjang Sarjana (S1) Hasil Penilaian Tahun 1996/1997. Direktorat Umum Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.
Umar, Husein, Riset Pemasaran dan Perilaku Konsumen, Jakarta: PT Gramedia, 2002
Published
2014-07-02
How to Cite
Khoirunnisaa’, K. (2014). Kualitas Layanan Terpadu (Total Quality Service) pada Perguruan Tinggi. An-Nuha : Jurnal Kajian Islam, Pendidikan, Budaya Dan Sosial, 1(1), 105-118. Retrieved from http://ejournal.staimadiun.ac.id/index.php/annuha/article/view/30
Section
Articles