PENINGKATAN MAHARATUL KITABAH MELALUI STUKTUR ANALISIS SINTESIS (SAS) PADA PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI PONDOK PESANTREN

Mu'allim Wijaya, Lailil Muharromah

Abstract


This paper presented about development of writing skill (maharotul kitabah) Through Analytic synthesis structure to Arabic studying in Islamic Boarding school of Nurul Jadid Paiton Probolinggo. In Arabic studying, writing skill (maharoh kitabah) is one of skill which can’t be ignored because writing has corelation with the process of expression skill. To write is one of communication that is not limited by time and place. In speaking context, the audience can be limited by certain place and time, but in writing, it can reach many people in differrent time and place. This research used qualitative method the kinds of case study. The result of study shows that Analytic synthesis structure is very relevant to writing skill (maharotul kitabah) which is used in a group of case study in Islamic boarding school of Nurul Jadid. Based on the result of study, it can be concluded that synthesis analysis structure can be Improve writing skill (maharotul kitabah).


Keywords


writing skill; Analytic Synthesis Structure

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Aziz Fakhrurrozi dan Erta Mahyudin, Pembelajaran Bahasa Arab, (Jakarta Pusat: Direktoral Jenderal Pendidikan Islam Kementrian Agama, Cet. Ke-2, 2012).

Azlia Latae, Sahruddin Barasandji, dan Muhsin, Upaya Meningkatkan Kemampuan Menulis Permulaan Siswa Melalui Metode SAS , Mahasiswa Program Guru Dalam Jabatan , (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tadulako ).

Bisri Musthofa, Imam muslimin, Metologi dan Strategi Pembelajaran Baasa Arab, (Malang: UN- MALIKI prees, 2012).

Bisri Mustofa dan Abdul Hamid, Metode & Strategi Pembelajaran Bahasa Arab, (Malang: UIN-Malang Press, 2011).

Efendi, Anwar, Bahasa dan Sastra dalam Berbagai Perspektif, Tiara Wacana : (Yogjakarta, 2005).

Fajar Setiawan, Upaya Meningkatkan Keterampilan Menulis Karangan, (Program Studi PGSD Universitas Muhammadiyah Surabaya, 2017).

Helmi Kamal, Maharoh Al- Kitabah Wa thorikoh Taklimiah, 2010.

Jos D Parera, Lingustik Edukasional, (Jakarta: Erlangga, 1997), 24-25.

Kamus Besar Bahasa Indonesia.

Kd Jimi Kusuma Dewi Ign. I yn. Suwatra, Ni Wyn Arini, Penggunaan Metode Stuktur Analisis Sintesis SAS Untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca dan Menulis Pemula, (UPG Universitas Pendidikan Ganesha. Singaraa Indonesia, 2014).

Muhaimin. Dkk. Strategi Belajar Mengajar, (Surabaya: CV. Citra Media. 1996).

Muhammad Abdul Qadir Ahmad, Thuruq Ta’lim al-Lughah al- Arabiyah Cet. I; (Kairo: Maktabah al-Nahdah, 1979), 263. Imla’ ikhtibary, pelaksanaanya membutuhkan tiga kemampuan, yaitu: kemampuan mendengar, kemampuan menghafal, dan kemampuan untuk menuliskan apa yang didengar sekaligus dalam waktu yang sama.

Nasir Abdullah Al-ghoni dan Abdul Hamid Abdullah Usus I’dad Al-kutub, Al-taklimiyyah Li Ghoiri Al-Nathiginsbiha Bi Al- Arabiyyah, (Dar al- I’tisham).

Noeranie Misyriana Hadhiyanti, Peningkatan Kemampuan Membaca Permulaan melalui Metode SAS (Struktur Analisis Sintesis), Pendidikan Luar Biasa, (Universitas Negeri Yogyakarta, 2016).

Observasi Peneliti di Lokasi Penelitian pada tanggal 08-09-2017.

Oemar Hamalik, Kurikulum dan Pembelajaran, (Jakarta: Bumi Aksara, 1995).

Rosdiana Mawarni, Peningkaan Keterampian Menuis. (Universiar Negeri Yogjakarta, 2015).

Rosdiana Mawarni, Peningkaan Keterampian Menuis. (Universiar Negeri Yogjakarta, 2015).

Siti Kuraedah, Aplikasi Maharah Kitabah Dalam Pembelajaran, (Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan IAIN Kendari, 2015).

Sri lestari, Upaya Meningkatkan Keterampilan Menulis, (Wonogiri, 2009).

Subana, M. dan Sunarti, Strategi Belajar Mengajar Bahasa Indonesia, (Bandung: Pustaka Setia, 1997).

Syaiful Mustofa, Strategi Pembelajaran Bahasa Arab Inovatif, (Malang: UIN Malang Press, 2011).

Syamsuddin Asyrofi, Metodologi Pembelajaran Bahasa Arab, (Yogyakarta: Idea Press, 2010).

Wawancara dengan Fatimatuz Zahro, Selaku Kepala Wilayah Fatimatuzzahro (Dalsel) 12-01-2018.

Yatinningsih, Upaya Meningkatkan Keterampilan Menulis dalam Pembelajaran bahasa Indonesia dengan Metode SAS, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, (Universitas muhammadiyah Surakarta, 2014).

Zulhannan, Teknik Pembelajaran Bahasa Arab Interaktif. (Jakarta: PT. Raja Grafinda, 2014).

عليا ن ,احمد فؤاد محمود. 1992المهارات اللغوية ما هيتها وطرق تدريسها . رياض : دارالمسلم.ص


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Indexed by:

       

-----------------------------------

Creative Commons License

Jurnal Kajian Islam, Pendidikan, Budaya & Sosial by An-Nuha: Jurnal Kajian Islam, Pendidikan, Budaya & Sosial is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. Based on a work at http://ejournal.staimadiun.ac.id/index.php/annuha.

----------------------------------

View My Stats

----------------------------------

KAMPUS STAI Madiun

Jl. Soekarno Hatta No. 70B Kelurahan Demangan Kecamatan Taman Kota Madiun,

Telp./ Fax. (0351) 463472,

E-mail: jurnal.annuha.staimadiun@gmail.com