Penggunaan Media Pembelajaran untuk Peningkatan Prestasi Belajar

Authors

  • Nur Handayani Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) 3 Magetan

Abstract

Tidak mudah mentransformasikan materi yang begitu padat dan sulit menjadi dengan mudah diterima oleh para siswa. Untuk itu diperlukan media pembantu agar siswa dapat dengan mudah menyerap materi yang diberikan oleh guru. Diperlukan juga pengetahuan yang cukup serta pengalaman yang mumpuni untuk mengambil sebuah media pembelajaran yang sesuai dengan materi bahan ajar serta waku yang sesuai dengan kondisi yang ada. Dalam beberapa wacana disebutkan bahwa agar proses belajar mengajar berlangsung baik dan dapat dengan mudah diterima oleh siswa, siswa harus dibawa pada situasi yang konkrit, agar siswa dapat mengamati sendiri, menanggapi sendiri dan memiliki pengalaman sendiri yang bersifat nyata. Dalam proses belajar mengajar untuk dapat membawa siswa dalam situasi yang konkrit, diperlukan suatu alat bantu pembelajaran yang tepat, yaitu dengan menggunakan media pembelajaran bisa berupa buku-buku pustaka, benda tiruan, benda-benda peninggalan, peta, gambar, foto OHP, dan sarana apa saja yang dapat membantu guru dan siswa dalam mencapai tujuan pembelajaran. Prinsipnya media pembelajaran akan sangat berguna bagi siswa, sebab ia akan memiliki pengalaman langsung, memiliki tanggapan yang kuat dan dengan demikian sesuatu yang mereka pelajari akan akan mudah diterima dan di fahami. Inilah yang mendorong penulis untuk menyusun karya ini, apa ini benar media pembelajaran mempunyai kontribusi yang positif terhadap prestasi belajar siswa.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arief S. Sadiman, dkk, Media Pendidikan, Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada, 1986
Bimo Walgito, Pengantar Psikologi Umum, Yogyakarta: Andi, 2004
Hamalik Oemar, Media Pendidikan, Bandung: Alumni, 1985
Hamalik, Oemar, Kurikulum dan Pembelajaran, Jakarta: PT Bumi Aksara, 2005
Muhibin Syah, Psikologi Pendidikan Dengan Pendekatan Baru, Bandung: PT.Remaja Rosda karya, 2004
Mulyono. TJ, dkk, Media dan Laboratorium IPS, Jakarta: P3G Departemen P dan K, 1980
Ngalim Purwanto, Psikologi Pendidikan, Bandung: PT Remaja Rosda Karya, 2006
Pusat Bahasa Departemen Pendidikan Nasional, Kamus Besar Bahasa Indonesia, Jakarta: Balai Pustaka, 2001
Sadiman, Arief. dkk, Media Pendidikan; Pengertian, Pengembangan, dan pemanfaatan, Jakarta: Raja Grafindo Persada, 1996
Sardiman, Interaksi dan Motivasi Mengajar, Jakarta : Raja Grafindo Persada,1994
Slameto, Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya, Jakarta: PT. Rineka Cipta, 2010
Sudjana, N. dan Rivai, A. Media Pengajaran, Bandung : C.V.Sinar Baru,2002
Suleiman, Media Audio-Visual untuk Pengajaran, Penerangan, dan Penyuluhan, Jakarta:Gramedia, 1981
Syaiful Bahri Djamarah dan Aswin Zain, Strategi Belajar Mengajar

Downloads

Published

2014-12-03

How to Cite

Handayani, N. (2014). Penggunaan Media Pembelajaran untuk Peningkatan Prestasi Belajar. An-Nuha : Jurnal Kajian Islam, Pendidikan, Budaya Dan Sosial, 1(2), 197–213. Retrieved from http://ejournal.staimadiun.ac.id/index.php/annuha/article/view/19

Issue

Section

Articles