Pemikiran K.H. Yahya Syabrawi dalam Pendidikan Islam di Pondok Pesantren Raudlatul Ulum I Ganjaran Gondanglegi Malang
Abstract
Pondok pesantren disebut sebagai lembaga pendidikan Islam. Karena, merupakan lembaga yang berupaya menanamkan nilai-nilai Islam di dalam diri santri. Sebagai lembaga pendidikan Islam, pondok pesantren memiliki karakteristik yang berbeda dibandingkan dengan lembaga-lembaga pendidikan lain, yakni jika ditinjau dari sejarah pertumbuhannya, komponen-komponen yang terdapat di dalamnya, pola kehidupan warganya, serta pola adopsi terdapat berbagai macam inovasi yang dilakukannya dalam rangka mengembangkan sistem pendidikan baik pada ranah konsep maupun praktik. Dalam penulisan ini sebagai sumbangan pemikiran berdasarkan konsep Islam yang bersumber dari Al-Qur’an, Al-Hadits, Al-Ijma’ dan Al-Qiyas yang diharapkan mampu menjadi sarana pengembangan wawasan keilmuan dan penghayatan serta pengalaman keagamaan di Pondok Pesantren Raudlatul Ulum I khususnya, dan masyarakat pada umumnya. Hasil penelitian yang dilakukan penulis dapat disampaikan bahwa Pemikiran K.H. Yahya Syabrawi Tentang Pemikiran Pendidikan Islam di Pondok Pesantren Raudlatul Ulum I Ganjaran Gondanglegi Malang dapat terlihat bahwa pondok pesantren tersebut sebagai wadah menuntut ilmu pengetahuan untuk melanjutkan nilai-nilai perjuangan Agama, Bangsa dan Negara. Sebagai wadah kaderisasi putra dalam mengembangkan ilmu pengetahuan dan keterampilan untuk kelangsungan syari’at Islam dimuka bumi. Dan sebagai wadah penghimpun putra Islam dalam upaya memperkokoh Ukhuwah Basyariyah, Ukhuwah Islamiyah dan Ukhuwah Wathoniyah dan pengembangan pengamalan syari’at Islam Ahlussunnah Wal Jama’ah.
Downloads
References
Arif, Mahmud. (2008). Pendidikan Islam Transformatif. Cetakan 1. Yokyakarta: LKis Pelangi Aksara.
Arifin, Muzayyin. (2012).Fisafat Pendidikan Islam. Cetakan 6. Jakarta: Bumi Aksara
______________. (2011). Kapita Selekta Pendidikan Islam. Cetakan 5. Jakarta: Bumi Aksara.
Azra, Azyumardi.(2000). Pendidikan Islam Tradisi dan Modernisasi Menuju Milenium Baru.Cetakan 2. Jakarta: Logos Wacana Ilmu.
Azwar, Saifuddin. (2011).Metode Penelitian. Cetakan 12. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Basri, Hasan. (2009). Filsafat Pendidikan Islam. Cetakan 1. Bandung: CV Pustaka Setia
Daradjat, Zakiah, dkk (2011).Ilmu Pendidikan Islam. Cetakan 9. Jakarta: Bumi Aksara
Djumransjah, dkk. (2007).Pendidikan Islam; Menggali “Tradisiâ€, Meneguhkan Eksistensi. Malang: UIN-Malang Press.
Daulay, Haidar Putra. (2007).Pendidikan Islam Dalam Pendidikan Nasional di Indonesia. Cetakan 2. Jakarta: Kencana.
Dokumentasi Pondok Pesantren Raudlatul Ulum I Ganjaran Gondanglegi Malang. 2011-2012.
Engenner, Asghar Ali. (2009). Islam dan Teologi Pembebasan. Cetakan 5. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
___________________. (2000). Devolusi Negara Islam. Cetakan 1. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Haedari, Amin, dkk. (2004). Panorama Pesantren Dalam Cakrawala Modern. Cetakan 1. Jakarta: Diva Pustaka.
Idris, Manan A, dkk. (2006). Riorientasi Pendidikan Islam, Menuju Kepribadian Insan Kamil. Edisi Revisi. Malang: Halal Pustaka.
Ihsan, Hamdani dan Fuad Ihsan (2007). Filsafat Pendidikan Islam. Cetakan 3. Bandung: CV Pustaka Setia.
Ilmu Pendidikan Islam http://mawardiumm.wordpress.com/2008/02/27/ilmu-pendidikan-islam/,
Ismail. (2004). Pesantren, Civil Society dan Negara Menimbang Batas Relasi Kuasa ‘Abu-Abu’ Kyai, Santri dan Penguasa. Cetakan 1. Malang: Ash-Shiddique
Ismail, Faisal, (2004). Paradigma Kebudayaan Islam Studi Kritis dan Analisis Historis. Cetakan 4. Jakarta: Mitra Cendekia
Koentjaraningrat. (2009).Pengantar Ilmu Antropologi. Cetakan 9. Jakarta: Rineka Cipta
Madarik, M. Wawancara (Putuk Rejo, 07 Juli 2013)
Madjid, Nurcholis. (1997). Bilik-Bilik Pesantren Sebuah Potret Perjalanan. Cetakan 1. Jakarta: Paramadina
Mastuhu. (1999). Memperdayakan Sistem Pendidikan Islam. Cetakan 2. Jakarta: Logos Wacana Ilmu
Mastuki dan Abdurrahman.Wawancara (Gedangan, 17 & 18 Juni 2013)
Moesa, Ali Machsan. (2007). Nasionalisme Kiai Konstruksi Sosial Berbasis Agama,. Cetakan I. Yokyakarta: LKis Pelangi Aksara
Muhaimin. (2012). Pemikiran dan Aktualisasi Pengembangan Pendidikan Islam. Cetakan 2. Jakarta: Rajagrafindo Persada
Mutahhari, Murtadha. (2010). Pengantar Epistimologi Islam. Cetakan 1. Jakarta: Shadra Press
Noer, Hery Aly dan Munzier. (2008). Watak Pendidikan Islam. Cetakan 3. Jakarta: Friska Agung Insani
Razak, Nasruddin.(1989). Dienul Islam, cetakan 1.Jakarta: PT Al Ma’arif,
Pengertian Islam. http://www.lebaran.com/component/k2/item/486-pengertian-islam.html.
Peranan Dan Fungsi Pondok Pesantren Dalam Membangun Dunia Pendidikan. http://maraqitcabangbayan.blogspot.com/2013/01/peranan-dan-fungsi-pondokpesantren.html.
Roqib, Moh. (2011). Ilmu Pendidikan Islam Pengembanagn Pendidikan Integratif di Sekolah, Keluarga dan Masyarakat. Cetakan 1. Yokyakarta: LKis Grup.
Ruang Lingkup Ilmu Pendidikan Islam http://makalahpendidikan-sudirman.blogspot.com/2012/05/ilmu-pendidikan-islam.html.
Sudiyono. (2009). Ilmu Pendidikan Islam. Cetakan 1. Jakarta: Rineka Cipta
Sugiyono. (2005).Memahami Pendekatan Kualitatif. Cetakan 1. Bandung: Alfabeta
________. (2011). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Cetakan I3. Bandung: Alfabeta
Soebahar, Halim. (2013). Modernisasi Pesantren Studi Transformasi Kepemimpinan Kiai dan Sistem Pendidikan Pesantren. Cetakan 1. Yokyakarta: LKiS.
Soejono, dkk (1999).Metode Penelitian;Suatu Pemikiran dan Penerapan. Cetakan 1. Jakarta: Rineka Cipta.
Tafsir, Ahmad. (2012). Filsafat Pendidikan Islam Integrasi Jasmani, Rohani dan Memanusiakan Manusia. Cetakan 5. Bandung: Remaja Rosdakarya.
____________. (2008).Ilmu Pendidikan Dalam Persfektif Islam. Cetakan 8. Bandung: Remaja Rosdakarya.
TIM dosen IAIN Malang. (1996).Dasar-Dasar Kependidikan Islam: Suatu Pengantar Ilmu Pendidikan Islam, Surabaya: Kaeya Abditama.
Tujuan dan Fungsi Pondok Pesantren. http://ruslyboyan.blogspot.com/2010/07/tujuan-dan-fungsi-pondok-pesantren.html.
Umiarso, dan Zazin Nur. (2011). Pesantren di Tengah Arus Mutu Pendidikan Menjawab Problematika Kontemporer Manajemen Mutu Pesantren. Cetakan I Semarang: RaSAIL Media Grup.
Unsur dan Ruang Lingkup Pondok Pesantren. http://www.perkuliahan.com/unsur-dan-ruang-lingkup-pesantren/#ixzz2VJIuJmpG.
Wahid, Abdurrahman. (2001). Menggerakkan Tradisi Esai-Esai Pesantren. Cetakan I. Yokyakarta: LKis.
Wahid, Marzuki, dkk. (1999). Pesantren Masa Depan Wacana Pemberdayaan dan Transformasi Pesantren. Cetakan 1. Bandung: Pustaka Hidayah.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright Notice
Seluruh materi yang terdapat dalam situs ini dilindungi oleh undang-undang. Dilarang mengutip sebagian atau seluruh isi situs web ini untuk keperluan komersil tanpa persetujuan dewan penyunting jurnal ini.
Apabila anda menemukan satu atau beberapa artikel yang terdapat dalam An Nuha yang melanggar atau berpotensi melanggar hak cipta yang anda miliki, silahkan laporkan kepada kami, melalui email pada Priciple Contact.
Aspek legal formal terhadap akses setiap informasi dan artikel yang tercantum dalam situs jurnal ini mengacu pada ketentuan lisensi Creative Commons Atributs Share Alike (CC BY-SA).
Semua Informasi yang terdapat di An-NUHA bersifat akademik. An-NUHA tidak bertanggung jawab terhadap kerugian yang terjadi karana penyalah gunaan informasi dari situs ini.











