Pembelajaran Remedial untuk Meningkatkan Ketuntasan Belajar Siswa (Studi Kasus Siswa Kelas VI SDN Genengan 2 pada Pembelajaran Matematika FPB dan KPK)

  • Slamet Slamet SD Negeri Genengan 2 Magetan

Abstract

Pembelajaran remedial dilaksanakan untuk membantu siswa yang terlambat dalam memahami standar kompetensi. Pembelajaran remedial memberikan kesempatan kepada siswa untuk memahami kembali pokok bahasan yang telah diajarkan sebelumnya. Pembelajaran remedial hanya diikuti oleh siswa yang memerlukan pembelajaran tambahan. Penelitian ini bertujuan untuk menerapkan pembelajaran remedial di SDN Genengan 2 Kecamatan Kawedanan Kabupaten Magetan Tahun Pelajaran 2014/2015 pada pokok bahasan “FPB dan KPKâ€. Penelitian dilakukan selama 2 bulan, dimulai awal bulan Agustus sampai akhir September 2014. Subyek penelitian adalah siswa kelas VI yang berjumlah 22 anak. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pembelajaran remedial dapat meningkatkan nilai rata-rata kelas, yaitu pada siklus I: 54,3 dan siklus 2: 84,1. Dari nilai tersebut diketahui bahwa nilai rata-rata yang diraih siswa masuk dalam kriteria cukup baik dan mencapai ketuntasan belajar.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Suryabrata, Sumardi. 1993. Metode Penelitian. Jakarta: CV Rajawali

Usman, Moh. Uzer. 1997. Menjadi Guru Profesional (Edisi Kedua), Bandung: Remaja Rosdakarya

Marika, Subrata dan Munzayanah. 1992. Remedial Teaching. Surakarta: Bumi Aksara.

Sri Hariati. 1992. Pengajaran Remedial. Yogyakarta: PT. Mitra Gama Widya

Sukminawati, Titik. 2009. Penanganan Anak Berkesulitan Belajar Matematika melalui Pembelajaran Remedial Siswa pada Kelas IV Sekolah Dasar. Surakarta: Prodi PJJ S1-PGSD Jurusan Ilmu Pendidikan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret.

Suryo, Moh & Amin, Moh. 1989. Pengajaran Remedial. Jakarta: Bumi Aksara.

Wijaya, Jeck Prodes. 2014. Mengenal dan Mempelajari Pembelajaran Remedial. www.blogger.com

Sasmedi, Darwis. 2011. Pembelajaran remedial. Makassar: Widyaiswara LPMP Sulsel

Sekar, Mayangsari. 2001. Analisis Faktor-faktor yang mempengaruhi Keputusan Pendanaan Perusahaan: Pengujian Pecking Order Hyphotesis. Media Riset Akuntasi, Auditing dan Informasi. Vol. 1, No. 3, Desember 2001:1-26

Suharsimi, Arikunto. 2006. Metode Penelitian Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.

Depdiknas. 2004. Matematika, Buku 3, Materi Pelatihan Terintegrasi. Jakarta: Bagian Proyek Pengembangan Sistem dan Pengendalian Program SLTP.

Erman, Suherman. 2003. Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. Bandung: JICA-Universitas Pendidikan Indonesia.

Sunoto. 2002. Kurikulum Berbasis Kompetensi (KBK) PENDIDIKAN Dasar dan Menengah. Jawa Tengah: Dinas Pendidikan dan Kebudayaan.
Published
2015-07-21
How to Cite
Slamet, S. (2015). Pembelajaran Remedial untuk Meningkatkan Ketuntasan Belajar Siswa (Studi Kasus Siswa Kelas VI SDN Genengan 2 pada Pembelajaran Matematika FPB dan KPK). An-Nuha : Jurnal Kajian Islam, Pendidikan, Budaya Dan Sosial, 2(1), 97-117. Retrieved from https://ejournal.staimadiun.ac.id/index.php/annuha/article/view/41
Section
Articles