PETUNJUK PENULISAN

KETENTUAN PENULISAN NASKAH

AN-NUHA: JURNAL KAJIAN ISLAM, PENDIDIKAN, BUDAYA & SOSIAL

Naskah yang dikirim ke Redaksi AN NUHA akan dipertimbangkan pemuatannya apabila memenuhi kriteria sebagai berikut:

  1. Bersifat Ilmiah dan naskah yang diutamakan adalah kajian yang konsen pada ilmu-ilmu keislaman, pendidikan, sosial, budaya dan lain sebagainya yang berkaitan dengan Islam berupa kajian ilmiah atas masalah – masalah, gagasan –gagasan orisinil, ringkasan hasil penelitian/survey, dan ulasan buku yang dipandang dapat memberikan kontribusi bagi pengembangan keilmuan keislaman.
  2. Naskah yang dikirimkan merupakan naskah yang belum pernah dipublikasikan dalam penerbitan apapun atau tidak sedang diminta penerbitannya oleh media lain.
  3. Naskah ditulis dalam bahasa Indonesia/bahasa asing (Inggris/Arab) yang memenuhi kaidah-kaidah penulisan bahasa Indonesia/asing (Inggris/Arab)yang baik dan benar.
  4. Setiap naskah ditulis secara berurutan terdiri dari judul, nama penulis, institusi, alamat email, abstrak, kata kunci, isi, dan daftar pustaka.
  5. Judul harus ringkas dan lugas, boleh dengan menyertakan subjudul dengan total maksimal terdiri atas 14 suku kata.
  6. Penulis tidak perlu mencantumkan gelar akademik tetapi mencantumkan alamat email.
  7. Abstrak ditulis dalam bahasa Arab, Indonesia atau Inggris. Abstrak ditulis antara 150-200 kata dengan memuat tujuan, metode dan hasil penelitian (jika naskah berupa hasil penelitian); dan latar belakang masalah, bahasan dan kesimpulan (jika naskah berupa artikel).
  8. Transliterasi Arab mengacu pada transliterasi MC Gill University
  9. Kata kunci maksimal 5 kata yang mencerminkan isi naskah.
  10. Isi naskah terdiri dari 5000-8000 kata atau 20-25 halaman kertas ukuran kwarto, diketik dengan spasi rangkap jika naskah berupa artikel, dan 10-15 halaman untuk naskah yang berupa ulasan buku (book review).
  11. Naskah ditulis dengan menggunakan foot note (catatan kaki) dengan ketentuan sebagai berikut:

a. Foot note yang memuat nama penulis, judul buku/majalah/jurnal, kota tempat penerbitan, nama penerbit, tahun penerbitan (dalam kurung), dan halaman.

Contoh kutipan buku:

- Hans Georg Gadamer, Wahrheit und Methode: Grundzuge einer philosophischen Hermeneutik (Tubingen: J. C. B. Mohr, 1990 [cetakan 1 tahun 1960]), hal. 398.

Contoh kutipan artikel dari Jurnal/majalah

- Jiah Fauziah, Fitur-fitur Fonologis Penggunaan Elemen-elemen Bahasa Arab Dalam Komunikasi Masyarakat Keturunan Arab Surakarta, Jurnal Bahasa dan Sastra “Adabiyyat”, Vol X No 2, Desember 2011.

 

b. Jika kutipan halaman foot note sama persis dengan kutipan sebelumnya, maka cukup ditulis dengan nama penulis dan keterangan ibid.

Contoh:

- Nurcholish Madjid, Ibid.

c. Jika kutipan foot note sama persis dengan kutipan sebelumnya namun diselingi kutipan foot note lain, maka ditulis nama penulis kemudian judul dan diakhiri keterangan halaman.

Contoh:

- Nurcholish Madjid, Bilik-bilik Pesantren: Sebuah Pemikiran Islam di Indonesia, hal 125.

Naskah harus menyertakan daftar pustaka dengan ketentuan sebagai berikut:

a. Daftar pustaka disusun secara alfabetis dengan memuat nama penulis, tahun penerbitan, judul buku/majalah/jurnal, kota tempat penerbitan dan nama penerbit.

Contoh

- Hidayat, Komaruddin. 1996. Memahami Bahasa Agama, Sebuah kajian Hermeneutik. Jakarta: Paramadina.

- Harto, Kasinyo. 2012. Rekonstruksi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Berwawasan HAM. Dalam Millah Jurnal Studi Agama. Yogyakarta: Magister Studi Islam UII.

b. Jika daftar pustaka merupakan penulis yang sama namun beda buku, nama penulis berikutnya cukup diisi dengan garis-putus sepanjang tujuh ketukan.

Contoh:

- Abdullah, M. Amin. 2010. Islamic Studies di Perguruan Tinggi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

_______. 2002. Studi Agama, Normativitas atau Historisitas. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Naskah diketik dalam program Microsoft Word/ RTF dan jika dikirim via email dengan melampirkan attachment file ke jurnal.annuha.staimadiun@gmail.com.

Naskah yang dimuat mengalami proses penyuntingan tanpa mengubah substansi.

Naskah yang masuk ke redaksi dikategorikan:

- Diterima tanpa revisi

- Diterima dengan revisi

- Ditolak

Naskah yang tidak dimuat, akan diberitahukan kepada penulisnya via email.