NILAI PENDIDIKAN HUMANIS – RELIGIUS

Zainul Arifin

Abstract


Pendidikan humanistik bermakna menekankan pentingnya pelestarian eksistensi manusia dalam arti membantu manusia lebih manusiawi, lebih berbudaya, sebagai manusia yang utuh berkembang. Pendidikan humanis-religius merupakan sebuah konsep keagamaan yang menempatkan manusia sebagai manusia, serta upaya humanisme terhadap ilmu-ilmu agama dengan tetap memperhatikan tanggung jawab atas ungkapan Hablun Min Allah dan Hablun Min An-Nas. Pendidikan humanis religius adalah proses memberi pelajaran kepada manusia bahwa sesuatu perbuatan yang jika harus menunggu Tuhan untuk bertindak untuk kita, itu merupakan perbuatan yang tidak bermoral. Kita harus senantiasa berusaha untuk menghentikan perang-perang dan kriminalitas-kriminalitas dan kebrutalan yang ada sekarang serta masa yang akan datang. Corak pendidikan humanis religius, umumnya terdapat pada pesantren yang ditunjukan dengan sikap cinta terhadap sesama manusia, baik kyai maupun santri yang mempunyai kesadaran bahwa manusia merupakan ciptaan Tuhan yang paling mulia di antara makhluk ciptaan-Nya yang lain, sehingga para santri mengemban amanat yakni sebagai khalifah fi al-ardh. Semoga bermanfaat!

Keywords


pendidikan, humanis, religius

Full Text:

PDF

References


Abdurrahaman Mas'ud, Menuju Paradigma Islam Humanis (Yogyakarta: Gama Media, 2003)

Achmadi, Islam paradigma Ilmu Pendidikan, (Yogyakarta: Aditya Media, 1992)

Ahmad Mubarak, Psikologi Keluarga: dari Keluarga Sakinah Hingga Keluarga Bangsa (Jakarta: Bina Rena Pariwara, 2005)

Al Ghazali, Ihya Ulumuddin, (Kairo, 1969)

Corliss Lamont, The Philosophy of Humanism, 1977

Danah Zohar and Ian Marshal, Spiritual Capital. Terjemahan (Bandung: Mizan, 2005

Departemen Agama, Al-Qur’an dan terjemahanya, (Jakarta: CV.Al-Waah)

Encarta, World English Dictionary, 1999, Microsoft Corporation Developed for Microsoft by Bloomsbury Publishing

Fasli Jalal dan Dedi Supriadi (ed.), Reformasi Pendidikan dalam Konteks Daerah (Jakarta: Kerjasama Depdiknas, Bappenas, dan Adicita Karya Nusa, 2001)

George R. Knight, Issues and Alternatives in Educational pilosophy (Michigan: Andrew University Press, 1982)

Hamruni, Strategi dan Model-Model Pembelajaran Aktif Menyenangkan (Yogyakarta: Fakultas Tarbiyah UIN sunan Kalijaga, 2009)

Imam Barnadib, Beberapa Aspek Substansal Ilmu Pendidikan (Yogyakarta: Andi Offset, 1996)

Imam Bamadib, Dasar-dasar Kependidikan: Memahami Makna dan Perspektif Beberapa Teori Pendidikan, (Jakarta: Ghalia Indonesia, 1996)

Imam Suprayogo, Quo Vaofe Madrasah: Pengajaran Iman menu/Li Madrasah Impian (Yogyakarta: Hikayat Publishing, 2007)

Karnadi Hasan “Konsep Pendidikan Jawa”, dalam Jurnal Dinamika Islam dan Budaya Jawa, No 3 tahun 2000, (Pusat Pengkajian Islam Strategis, IAIN Walisongo Semarang, 2000)

Malik Fadjar dalam Imam Tholkah, Membuka Jendela Pendidikan, (Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2004)

Nurcholish Madjid, Islam Doktrin dan Peradaban: Sebuah Teteah Kritis tenfang Masatah Kernanan, Kemanusiaan, dan Kemodeman (Jakarta: Paramadina, 2000)

Paulo Freire dalam Pendidikan: Kegelisahan Sepanjang Zaman (Pilihan Artikel Basis), Sindhunata (editor), Kanisius, 2001 sebagaimana di kutip dalam Resensi Amanat, Edisi 84/Februari 2001

Paulo Freire, Pedagogy of the Oppressed (Auckland NZ: Penguin Books Ltd, 1972)

Qadir, Filsafat dan Ilmu Pengetahuan Dalam Islam, (Jakarta: Yayasan Obor Indonesia, 1991)

Qodri Azizy, Pendidikan untuk Membangun Etika Sosial (Mendidik Anak Sukses Masa Depan: Pandai dan Bermanfaat) (Semarang: Aneka llmu, 2003),

Undang-Undang RI Nomor 20 Tahun 2003 Tentang SISDIKNAS, (Bandung: Citra Umbara)

Yunahar Ilyas dan Muhammad Azhar (ed.), Pendidikan dalam Perspektif al-Qur'an, (Yogykarta: Lembaga Pengkajian dan Pengamalan Islam (LPPI) UMY, 1999)

Ziauddin Sardar; Islamisasi Peradaban’ dalam A Khudhori Sholeh, Pemikiran Islam Kontemporer, (Yogyakarta: Jendela, 2003)


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Indexed by:

       

-----------------------------------

Creative Commons License

Jurnal Kajian Islam, Pendidikan, Budaya & Sosial by An-Nuha: Jurnal Kajian Islam, Pendidikan, Budaya & Sosial is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. Based on a work at http://ejournal.staimadiun.ac.id/index.php/annuha.

----------------------------------

View My Stats

----------------------------------

KAMPUS STAI Madiun

Jl. Soekarno Hatta No. 70B Kelurahan Demangan Kecamatan Taman Kota Madiun,

Telp./ Fax. (0351) 463472,

E-mail: jurnal.annuha.staimadiun@gmail.com