Integrasi Keilmuan dalam Pendidikan Islam Perspektif Pemikiran Ibnu Sina dan Mahmud Yunus
DOI:
https://doi.org/10.36835/annuha.v8i2.456Keywords:
Concepts, Islamic Education, Balance, and Science.Abstract
This article aims to explore the concept of Islamic education thought initiated by Ibnu Sina and Mahmud Yunus. The concept of Islamic education thought both have a relationship with each other. Islamic education according to Ibnu Sina and Mahmud Yunus prioritizes the integration of religious knowledge and general knowledge. The concept of thinking about the goals, methods and curriculum is second and can be used as a philosophical basis in the practice of Islamic education. The balance between the science of religion and the general science that he put forward must be done so that there is no dichotomy of science. Because the purpose of Islamic education is to deliver students to achieve happiness in the world and the hereafter. So that the study of religion and general science is carried out in a balanced manner.
Downloads
References
Darwis, Maidar. "Konsep Pendidikan Islam Dalam Perspektif Ibnu Sina." Jurnal Ilmiah Didaktika vol. XIII, no. 2 (2013).
Fattahi, Husayu. Novel Biografi Ibnu Sina: Tawanan Benteng Lapis Tujuh. Translated by Muhammad Zaenal Arifin. Jakarta: Zaman, 2011.
Hamid, Shalahuddin, and Iskandar Ahza. Seratus Tokoh Islam Yang Paling Berpengaruh Di Indonesia. Intimedia Cipta Nusantara, 2003.
Hemdi, Yoli. Ibnu Sina: Bapak Kedokteran Dunia. Jakarta Timur: Luxima, 2019.
Hermawan, Acet. Metodologi Pembelajaran Bahasa Arab. Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2001.
Hitti, Philip K. History Of The Arabs. Translated by R. Cecep Lukman dan Dedi Slamet Riyadi. Jakarta: Serambi, 2006.
Iskandar, Edi. "Mengenal Sosok Mahmud Yunus dan Pemikirannya Tentang Pendidikan Islam." Jurnal Kependidikan Islam vol. 3, no. 1 (2017).
Nasution, Harun. Falsafat Dan Mistisisme Dalam Islam. Jakarta: Bulan Bintang, 2014.
Nata, Abuddin. Pembaharuan Pendidikan Islam di Indonesia. Jakarta: Kencana, 2019.
—. Pemikiran Para Tokoh Pendidikan Islam: Seri Kajian Filsafat Pendidikan Islam. Cet. II. Jakarta: Rajawali Press, 2001.
—. Tokoh-Tokoh Pembaruan Pendidikan Islam Di Indonesia. Divisi Buku Perguruan Tinggi, RajaGrafindo Persada, 2005.
Nizar, Samsul, and H Ramayulis. Ensiklopedi Tokoh Pendidikan Islam: Mengenal Tokoh Pendidikan Islam Di Dunia Islam Dan Indonesia. Quantum Teaching, 2005.
Putra, Andreas, and Aris Tri. "Pemikiran Filosofis Pendidikan Ibnu Sina Dan Implikasinya Pada Pendidikan Islam Kontemporer”." Jurnal Literasi vo. VI, no. 2 (2015).
Rahman, Indah Muliati, Indah Muliati, and Rini. "Teori Pedagogik Pendidikan Mahmud Yunus." Jurnal Islam Transformatif vol. 3, no. 2 (2019).
Sina, ‘Ali Ibnu. Al-Siyasah fiy al-Tarbiyah, Abu ‘Ali al-Husin Ibnu. Mesir: Dar al-Ma’arif, 1994.
Tim Penulis IAIN Syarif Hidayatullah. Ensiklopedi Islam Indonesia. Jakarta: Djambatan, 1992.
Yunus, Mahmud. Pokok-pokok Pendidikan dan Pengajaran. Cet. Ke-2. Jakarta: PT. Hidakarya Agung, 1978.
—. Riwayat Hidup Prof. Dr. H. Mahmud Yunus; 10 Pebruari 1899-16 Januari 1982. Jakarta: PT Hidakarya Agung, 1982.
—. Sejarah Pendidikan Islam di Indonesia. Cet. 2. Jakarta: Mutiara, 1979.
Yusuf, Syamsu. Psikologi Perkembangan Anak dan Remaja. Cet. Ke-8. Bandung: Rosda Karya, 2008.
Zar, Sirajuddin. Filsafat Islam: Filosof dan Filsafatnya. Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2007.
Zed, Mestika. Riwayat Hidup Ulama Sumatera Barat Dan Perjuangannya. Padang: Angkasa Raya, 2001.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright Notice
Seluruh materi yang terdapat dalam situs ini dilindungi oleh undang-undang. Dilarang mengutip sebagian atau seluruh isi situs web ini untuk keperluan komersil tanpa persetujuan dewan penyunting jurnal ini.
Apabila anda menemukan satu atau beberapa artikel yang terdapat dalam An Nuha yang melanggar atau berpotensi melanggar hak cipta yang anda miliki, silahkan laporkan kepada kami, melalui email pada Priciple Contact.
Aspek legal formal terhadap akses setiap informasi dan artikel yang tercantum dalam situs jurnal ini mengacu pada ketentuan lisensi Creative Commons Atributs Share Alike (CC BY-SA).
Semua Informasi yang terdapat di An-NUHA bersifat akademik. An-NUHA tidak bertanggung jawab terhadap kerugian yang terjadi karana penyalah gunaan informasi dari situs ini.