DASAR KONSEPTUAL ṬARI̅QAH MUBA̅SYARAH DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB PERSPEKTIF K.H. IMAM ZARKASYI DI PONDOK MODERN GONTOR 1

Puthut Waskito

Abstract


Penelitian ini dilatar belakangi oleh kegelisahan peneliti terutama berkaitan dengan masalah metode dalam pembelajaran bahasa Arab. Metode apa yang sekiranya tepat untuk pengajaran bahasa Arab di Indonesia sehingga setiap orang dapat menguasai bahasa Arab secara aktif. Berdasarkan pengamatan peneliti, dalam kurikulum madrasah ibtidaiyah, madrasah aliyah bahkan perguruan tinggi Islam, selalu terdapat mata pelajaran bahasa Arab. Tetapi kenyataan menunjukkan bahwa tidak semua dari lulusannya mampu berbicara bahasa Arab dengan baik kecuali beberapa madrasah dan perguruan tinggi Islam yang memiliki program khusus dalam pembelajaran bahasa Arab. Penelitian ini meneliti  ṭari̅qah muba̅syarah perspektif K.H. Imam Zarkasyi sebagai upaya dalam mensosialisasikan perlunya penggunaan metode langsung sebagai sebuah metode yang tepat untuk pengajaran bahasa Arab secara aktif. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi partisipan (Participant Observer) dengan pola pengamat sebagai pemeran, wawancara mendalam (in-dept Interview) dan dokumen. Dalam penelitian ini teknik analisis data yang digunakan adalah konsep yang diberikan oleh Miles dan Huberman. Hasil dari penelitian ini  menunjukkan bahwa konsep dan implementasi ṭari̅qah muba̅syarah dalam proses belajar mengajar bahasa Arab di Pondok Modern Gontor 1 telah berjalan dengan baik, hal ini dapat dilihat dari hasil  data dan fakta yang didapatkan di lapangan.

Keywords


Tari̅qah muba̅syarah, Gontor, bahasa Arab

Full Text:

PDF

References


Abdullah Syukri Zarkasyi. 2005. Gontor dan Pembaharuan Pendidikan Pesantren. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Atiyah. 2005. Studi Komparatif Efektivitas Penggunaan Metode Muḥa̅daṡah Dengan Metode Terjemah Terhadap Prestasi Belajar Bahasa Arab Santri Kelas III Tsanawiyah Pondok Pesantren Tarbiyatul Banin Kaliwadas Weru Cirebon Jawa Barat. Yogyakarta: Universitas Islam Indonesia.

Ahmad Warson Munawwir. 1997. Kamus Al-Munawwir Arab-Indonesia Terlengkap. Surabaya: Pustaka Progressif.

Ahmad Fuad Efendy. 2004. Metode Pengajaran Bahasa Arab.Jakarta.

Ahmad Luqman Hakim et al. 2010. Musyawarah Kerja Organisasi Pelajar Pondok Modern. Ponorogo.

Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Alwasilah. 2002. Pokoknya Kualitatif Dasar-dasar Merancang dan Melakukan Penelitian Kualitatif. Bandung: Pustaka Jaya.

Abdul Halim Mahmudi, Guhya Eka Wijaya dan Wahyu Tri Harsono. 2004. Program Kerja Organisasi Pelajar Pondok Modern. Ponorogo: Darussalam Press.

Anas Sudijono. 2008. Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Armai Arif. 2002. Pengantar Ilmu dan Metodologi Pendidikan Islam. Jakarta: Ciputat Pers.

Azhar Arsyad. 2004. Bahasa Arab dan Metode Pengajarannya. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Abdurrahman, Mukhtar Tohir Husain et al. 2003. Silsilah Fī Ta’līm Al-Lugah Al-‘Arabiyyah ligairi An-Nāṭiqīn bihā. Saudi Arabiya: Muasisu Wakfil Islām.

Burhan Bungin. 2009. Penelitian Kualitatif: Komunikasi, Ekonomi, Kebijakan Publik, Dan Ilmu Sosial Lainnya. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Chanifah. 1998. Evektifitas Metode Mengajar Bahasa Arab Madrasah Aliyah Negeri Yogyakarta 1.Yogyakarta: Universitas Islam Indonesia.

Djam’an Satori dan Aan Komariah. 2009. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.

Diane Larsen. 1997. Asalib Wa mabadiu Fi Tadrisi Al-Lugah. Saudi Arabiya: Maktabatu Malik Fadh Al-Watoniyyah Asnāi Nasyr.

Hadari Nawawi. 2007. Metode Penelitian Bidang Sosial. Yogyakarta: Gajah Mada University Press.

Imam Zarkasyi. 1987. Tarbiyatul ‘Amaliyyah Fitadri̅s. Gontor: Trimurti.

Imam Zarkasyi. 1939. Khutbatul Iftita̅h Dalam Pekan Perkenalan. Ponorogo: Trimurti.

Imam Zarkasyi dan Imam Syubani. 2002. Durus al- Lugah al-‘Arabiyah. Ponorogo: Gontor Press.

Ibn Khaldun. 1986. Muqaddimah, terjemah Ahmadie. Jakarta: Pustaka Firdaus.

Indrayani Fitroh. 2007. Pelaksanaan Metode Tadribat Dalam Pembelajaran Bahasa Arab di Madrasah Aliyah Wathoniyah Islamiyah Karangduwur Petanahan Kebumen Jawa Tengah. Yogyakarta: Universitas Islam Indonesia.

Kamarulzaman dan M. Dahlan. 2005. Kamus Ilmiah Serapan. Yogyakarta: Absolut.

Lexy J. Moleong. 2007. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Posda Karya.

LAC Staff. 2008. The Selected Vocabularies Arabic-English-Indonesia. Ponorogo: Darussalam Press.

Mahmud Yunus. 1979. Sejarah Pendidikan Islam di Indonesia. Jakarta: Mutiara.

Muhammad Idrus. 2007. Metode Penelitian Ilmu-Ilmu Sosial. Yogyakarta: UII Press.

Mustofa Bisri. 2010. Koridor Renungan A. Mustofa Bisri. Jakarta: Kompas.

Mahmud Yunus dan Muhammad Kosim Bakar. Tarbiyah Wa Ta’li̅m. Ponorogo: Gontor Press.

Mahmud Yunus. 1981. Metodik Khusus Bahasa Arab. Jakarta: Hidakarya Agung.

Miles Matthew B and Huberman Michael A. 1984. Qualitative Data Analysis A Sourccebook of New Methods. London: Sage Publications Beverly Hills.

M. Arifin. 1996. Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Bumi Aksara.

Pudjiriyanto. 1999. Pengaruh Minat Dan Perhatian Siswa Dalam Belajar Bahasa Arab Terahadap Prestasi Belajar Bahasa Arab di SMU Ihsaniyah Kodya Tegal. Yogyakarta: Universitas Islam Indonesia.

R.B. Burn. 2002. Introduction to Research Methods. French Forest NSW: Longman.

Sugiyono. 2008. Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Syaodih. 2006. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Suwarna Prigawidagda. 2002. Strategi Penguasaan Berbahasa. Yogyakarta: Adicita Karya Nusa.

Siti Fatimah. 2009. Pengaruh Metode Ceramah Dalam Pembelajaran Bahasa Arab Terhadap Minat Belajar Siswa MAN Pakem Kabupaten Sleman. Yogyakarta: Universitas Islam Indonesia.

Suharso dan Ana Retnoningsih. 2005. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Semarang: Widya Karya.

Sudirdjo. 1974. Metodologi Pengajaran. Yogyakarta: Perpustakaan Pusat IKIP.

Amir Hamzah Wiryosukarto, Ahmad Fuad Efendi et al. 1996. K.H. Imam Zarkasyi dari Gontor Merintis Pesantren Modern. Ponorogo: Gontor Press.

Amir Hamzah Wiryosukarto, Ahmad Fuad Efendi et al. 1996. K.H. Imam Zarkasyi di Mata Umat. Ponorogo: Gontor Press.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Indexed by:

       

-----------------------------------

Creative Commons License

Jurnal Kajian Islam, Pendidikan, Budaya & Sosial by An-Nuha: Jurnal Kajian Islam, Pendidikan, Budaya & Sosial is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. Based on a work at http://ejournal.staimadiun.ac.id/index.php/annuha.

----------------------------------

View My Stats

----------------------------------

KAMPUS STAI Madiun

Jl. Soekarno Hatta No. 70B Kelurahan Demangan Kecamatan Taman Kota Madiun,

Telp./ Fax. (0351) 463472,

E-mail: jurnal.annuha.staimadiun@gmail.com